Top

Jumat, Desember 21, 2012

_HIMPUNAN_

A.PENGERTIAN HIMPUNAN


Himpunan adalah kumpulan benda-benda atau obyek yang didefinisikan dengan jelas. Yang dimaksud didefinisikan dengan jelas adalah dapat ditentukan dengan tegas apakah suatu benda (obyek) termasuk dalam suatu kumpulan (kelompok) yang ditentukan atau tidak. Benda-benda atau obyek yang termasuk dalam suatu himpunan disebut anggota atau elemen dari himpunan itu.

B.NOTASI HIMPUNAN DAN ANGGOTA HIMPUNAN


Suatu himpunan dapat ditulis dengan menggunakan pasangan kurung kurawal, dan anggota-anggota himpunan ditulis diantara pasangan kurung kurawal itu. Anggota suatu himpunan dinyatakan dengan lambang є. Himpunan diberi nama dengan huruf kapital, yaitu : A, B, C, D, dst. Banyak anggota himpunan H dinyatakan dengan notasi n(H). Jika n(H) = 5, berati banyak anggota himpunan pada himpunan H adalah 5.

C.MENYATAKAN SUATU HIMPUNAN DAN HIMPUNAN KOSONG


-Menyatakan Himpunan-

Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan: kata-kata, notasi pembentuk himpunan, mendaftar anggota-anggotanya.

-Himpunan Kosong-
Himpunan kosong adalah himpunan yang tidak mempunyai anggota. Himpunan kosong ditulis dengan notasi { }. Contoh : Himpunan bilangan prima genap kelipatan adalah himpunan kosong.

D. HIMPUNAN SEMESTA DAN DIAGRAM VENN

-Himpunan Semesta–

Himpunan semesta adalah himpunan yang memuat semua anggota himpunan yang dibicarakan. Himpunan semesta disebut juga semesta pembicaraan atau himpunan universum, dan ditulis dengan lambang S.

-Diagram Venn–

Himpunan dapat dinyatakan dengan menggunakan gambar himpunan yang disebut Diagram Venn. Dalam matematika diagram venn perlu diperhatikan ketentuan berikut:

a.Himpunan semesta digambarkan dengan sebuah persegi panjang, dan pojok kiri atas diberi simbol S.

b.Setiap himpunan yang termuat di dalam himpunan semesta ditunjukkan dengan kurva tertutup sederhana

c.Setiap anggota himpunan ditunjukkan dengan sebuah noktah, dan nama anggotanya ditulis berdekatan dengan noktahnya. Jadi setiap noktah mewakili anggota.

0 komentar:

Posting Komentar